DIINGATKAN, TIGA TAHAPAN DALAM KEBUTUHAN PUBLIK


Bidang Humas Polda Maluku - Sebagai seorang Polri yang mampu memberikan pelindung, pengayom dan pelayan kepada masyarakat dengan memberikan kemudahan, cepat dan tanggap dalam merespon laporan atau pengaduan secara simpatik, empati, ramah dan sopan serta tanpa membebani masyarakat sehingga rasa aman dan tentram benar-benar dapat dirasakan masyarakat. 

Demikian amanat Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Drs. Moechgiarto,SH,M.Hum, yang dibacakan Kapolda Maluku Brigjen Pol. Drs. Ilham Salahudin, SH.M.Hum, saat bertindak selaku Irup pada upacara penutupan Pendidikan Alih Golongan dari Bintara ke Perwira Polri 2016 di SPN Passo Polda Maluku pagi tadi ( 20/12-2016 ).

Dikatakan, bahwa proses pendidikan yang singkat ini belum mampu memberikan bekal pengetahuan yang optimal, hal ini memerlukan perkembangan diri secara holistk, integritas dan komprohentif serta berkelanjutan agar pers tumbuh menjadi Perwira Polri yang matang dan siap menyongsong tantangan tugas yang semakin berat dan komplek, jelasnya.

Ditambahkan, dari itu untuk mewujudkan 11 ( sebelas ) Prioritas Kapolri dalam rangka implementasi 9 Program ( Nawacita ) yang mana Pemerintah yang telah ditetapkan, diantaranya yaitu ; Polri sebagai Pelopor Revolusi Mental dan Penggerak tertib sosial di ruang Publik, serta menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negaranya, tambahnya.

 
Untuk itu, diingatkan kembali bahwa tiga tahapan dalam kebutuhan publik terhadap pelayanan Polri adalah sebagai berikut ; pada periode 2005-2010 tahap trust  Building, dimana masyarakat cenderung lebih mendambakan rasa aman dan rasa keadilan dari pemerintah, peningkastan service quality focus pada kebutuhan tersebut, pintanya.

Lebih lanjut dikatakan, dengan periode 2010-2015 tahap partnership, dimana pada tahap ini tingkat kepuasan terhadap rasa aman dan keadilan diharapkan semakin baik, tuntutan masyarakat akan melebar pada manajemen rasa aman dan adil yang akuntabel, transparan, open dan patuh rule of law. Untuk periode 2016-2025 adalah tahap Strive for excellence, karena tahap ini kebutuhan masyarakat akan lebih mengharapkan multi dimensional service quality yang efektif dan efisien ditengah globalisasi kejahatan yang makin canggih, harapnya.

Sebelum mengahiri amannya Kalemdiklat  mengingatkan kepada Calon Perwira ini merupakan tahapan dan aspek penting sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri yang mampu melakukan perubahan mindset dan culturset, ataupun cara pandang dari perilaku negatif menjadi perilaku positif serta dari penguasa menjadi pelayan masyarakat, tambahnya.

Komentar